Berita

Berita dan Informasi Kepesantrenan

(0 pemilihan)

Rajab Bulan Berbenah Pilihan

Kabir Al-Fadly April 14, 2018
Rajab Bulan Berbenah 
 
Segala puji bagi Allah Ta'ala yang dengan nikmatnya sempurnalah segala kebaikan. Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat berganti dari hari ke hari, pekan ke pekan, bulan ke bulan bahkan tahun ke tahun. Tidak terasa pula, semakin bertambahnya waktu pada hakikatnya semakin berkurang jatah usia yang disiapkan Allah Ta'ala untuk kita semua. Terutama untuk beribadah kepada-Nya. Siap atau tidak, Alhamdulillah kini kita sudah memasuki pertengahan Bulan Rojab dalam perhitungan kalender Qomariyah. Maka secara otomatis tidak sampai dua bulan lagi kita akan kedatangan tamu yang mulia yakni Bulan Suci Romadhon, semoga Allah Ta'ala sampaikan usia kita hingga Bulan Romadhon. Semata-mata untuk meningkatkan Ibadah kita kepada Allah Ta'ala.
 
Rojab merupakan salah satu bulan Harom (Mulia) di luar bulan Romadhon bersama bulan Dzulqo'dah, Dzulhijjah dan Muharrom. Di dalamnya terkandung berbagai macam Fadhilah dan Berkah seperti yang sudah banyak kita lihat dan kaji dari berbagai kitab, ceramah, tulisan dan artikel lain. Dalam tulisan ini secara khusus penulis tidak akan membahas lagi tentang Fadhilah dan Karunia serta Keberkahan yang begitu melimpah di dalam bulan ini. Namun, tulisan ini akan mengajak kita untuk mempersiapkan diri dan melakukan berbagai macam pembenahan guna menyambut kedatangan Bulan Suci Romadhon sebagai puncak Tarbiyah (Pendidikan) kita sebagai hamba. 
 
Bulan Rojab yang secara hitungan hanya tinggal beberapa waktu lagi mempertemukan kita dengan Romadhon pada dasarnya mengajak sekaligus meningkatkan kita untuk pasang kuda-kuda kuat. Mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melaksanakan ibadah. Pemanasan, bahasa sederhananya dalam rangka mencapai totalitas ibadah di Bulan Romadhon. Sudah mafhum tentu dalam pemahaman kita jika ingin mencapai totalitas ibadah tidak harus menunggu Romadhon. Namun kita menyadari bahwa Romadhon memang berbeda. Bukan sekedar karena iming-iming pahala dan keutamaan dari Allah Ta'ala. Namun kita merasakan tiada waktu yang melebihi nikmatnya ibadah di bulan Romadhon. 
 
Buktinya, kita mampu berdiri berpuluh-puluh rokaat menunaikan sholat malam yakni Tarawih di bulan ini yang rasanya hampir tidak mungkin kita lakukan di luar Romadhon. Hal lain, barangkali hanya Romadhon yang mampu membuat kita mengkhatamkan berkali-kali bacaan Al-Qur’an, siang dan malam tanpa lelah membaca dan menderas Al-Qur’an yang mungkin jika di bulan lain rasanya jauh sekali kita untuk sekedar menyentuh Mushaf Al-Qur’an. Di Romadhon kita seolah dapat kekuatan tersendiri untuk melaksanakan ibadah dengan total. Kita mampu berbagi lebih banyak, bersedekah lebih baik dan menolong sesama lebih intensif ketimbang bulan lainnya. 
 
Tentu inilah suatu kenikmatan yang senantiasa kita rindukan dalam Romadhon sepanjang usia kita dalam menantinya. Romadhon begitu indah dan nikmat untuk melaksanakan berbagai amalan baik yang wajib juga yang sunnah. Maka mempersiapkan semua itu Allah Ta'ala telah menyiapkan sebuah bulan Pra-Romadhon yang dapat kita manfaatkan untuk menyempurnakan segala kekurangan, memperbaiki segala kesalahan guna menyambut bulan Romadhon nanti. 
 
Mari, mulai menghitung dan membiasakan diri secara aktif untuk memperbanyak bacaan Al-Qur’an dan sholat-sholat Sunnah. Sambil bermuhasabah barangkali ada puasa Romadhon yang lalu-lalu, yang masih menjadi utang alangkah baiknya ditunaikan di bulan ini sambil mengharap pahala Puasa Rojab. Bagi yang sudah tuntas utang puasa yang lampau maka bukan jadi alasan untuk tidak menambah pundi-pundi keberkahan lewat puasa Rojab. Mengingat begitu besar ganjaran dan Fadhilah yang Allah Ta'ala siapkan bagi yang melaksanakan puasa di bulan ini. Terlebih kita melihat dari sisi sebagai hitungan persiapan dan pemanasan agar tidak 'kaget' nanti ketika bertemu dengan puasa Romadhon. 
 
Rojab juga hendaknya digunakan untuk memperhatikan segala kekurangan diri, kekhilafan dan kesalahan baik Kepada Allah Ta'ala maupun Haqqul Adam kepada Orang Tua, Guru dan Sahabat untuk kiranya minta Ikhlas dan Ridhonya agar benar-benar bersih hati dan bersih jiwa dalam menghadapi Romadhon. 
 
Rojab juga dapat kita gunakan untuk mempersiapkan diri secara fisik agar mampu melaksanakan Ibadah nanti di Romadhon secara prima. Karena banyak yang waktunya sampai di Romadhon namun belum memiliki kesempatan Ibadah karena sakit dan lain hal. 
 
Terakhir, Rojab kita gunakan semaksimal mungkin untuk berdo'a kepada Allah Ta'ala agar kiranya sampaikan usia kita pada Romadhon. Bukan sekedar sampai usia namun juga dapat melaksanakan Ibadah dengan sempurna dan diterima oleh Allah Ta'ala. Pada Akhirnya, Yaa Allah, Berkahilah kami di bulan Rojab hatta Sya'ban dan Sampaikanlah kami untuk menemui Romadhon, serta Ampuni Semua Dosa Kami, Mudahkan Segala Urusan Kami dan Kabulkan Segala Keinginan Kami.. 
 
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
Baca 794 kali Terakhir diubah pada Rabu, 13 Februari 2019 14:41

Cari

Pengunjung

361914
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
4915
287384
34376
361914

Your IP: 54.145.38.157
2019-06-24 16:49